Hasil hitung cepat (quick count) Pilkada Sumsel sudah diumumkan. Menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf yang didukung oleh Partai Golkar, Demokrat dan PAN menang dengan 52,58% sedangkan pasangan Syahrial Oesman-Helmy Yahya yang diusung oleh PDIP, PPP dan PKS mendapat 47,52%.

Tetapi quick count PUSKAPTIS justru menunjukkan hasil yang berbeda. Syahrial Oesman-Helmy Yahya menang dengan 51,11% dan Alex Noerdin-Eddy Yusuf ‘hanya’ 48,89%.

Dari sebuah blog, saya mendapat data Lingkaran Survei Indonesia (LSI) sama dengan Lembaga Survei Indonesia memenangkan Alex Noerdin-Eddy Yusuf dengan 51,15% sedangkan Syahrial Oesman-Helmy Yahya 48,85%.

Walaupun kemungkinan besar pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf bisa memenangkan Pilkada Sumsel tetapi sangat rawan karena perbedaanya sangat tipis sekitar 2-5%. Sayang tidak diketahui margin error masing-masing lembaga survei. Jika margin error sekitar 1-3%, maka hasil quick count tidak bisa dijadikan alat untuk menyimpulkan karena margin error tumpang suh (overlap) dengan selisih. Untuk mendapatkan hasil yang pasti nampaknya harus menunggu keputusan KPUD Sumsel yang dijadwalkan tanggal 14 September 2008.

Sumber : Online (detikcom, metrotvnews.com, blog)

Jika ingin lihat yang lebih lengkap silakan kunjungi blog ocHe