Menhub Pastikan Rekaman Adam Air Palsu

SURABAYA, SELASA- Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal kembali menegaskan bahwa rekaman pembicaraan terakhir pilot AdamAir yang akhir-akhir ini beredar di internet adalah palsu.

Penegasan itu disampaikan Menhub seusai acara penadantanganan pembangunan jaringan KA di wilayah “Gerbangsusila”  di Surabaya, Selasa (5/8). Menurut Menhub, rekaman yang beredar di masyarakat itu terdapat perbedaan dengan rekaman yang asli.

Meski awalnya enggan mengungkapkan perbedaan rekaman yang asli dan palsu, Menhub akhirnya mengatakan bahwa perbedaan yang signifikan antara lain adanya suara gaduh. Menurut Menhub, suara gaduh itu sepertinya sengaja disisipkan oleh pembuat rekaman palsu untuk meyakinkan bahwa rekaman itu asli. “Seharusnya tidak ada suara gaduh,” kata Jusman.

Pembicaraan pilot AdamAir yang terekam kotak hitam saat ini masih tersimpan di Departemen Perhubungan, sedangkan salinan rekaman juga masih ada di Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).”Satu masih ada di Dephub dan copy-nya masih ada di KNKT. Tersimpan rapi, tidak mungkin bocor,”  tandasnya.