Jika anda berniat membuat website dengan nama domain sendiri mau tidak mau harus berhubungan dengan perusahaan penyedia layanan hosting (tempat anda menyimpan isi website).

Di Indonesia terdapat banyak perusahaan layanan hosting dengan berbagai tawaran. Namun anda harus hati-hati karena selalu ada perusahaan yang nantinya akan menjebak anda ke dalam kondisi yang tidak menyenangkan dan berlaku semena-mena dengan memanfaatkan keawaman kita dalam bisnis ini dan memanfaatkan kekuatannya memegang kendali atas data dan informasi kita yang kita ‘titipkan’ pada mereka.

Salah satu perusahaan hosting yang saya anggap buruk dan semena-mena adalah Ardhosting. Sampai saat ini mereka menahan data penting 3 buah website saya pada saat akan pindah hosting degan alasan yang tidak masuk akal. Saat ini saya memiliki 3 rekan perusahaan hosting, hanya Ardhosting yang berlaku sewenang-wenang. Kedua perusahaan hosting lainnya sangat koperatif dan menganggap saya sebagai mitra sejajar, bukan konsumen yang posisinya lemah dan bisa diintimidasi.

Penjelasan kasus selengkapnya …